From Bandung with CCIE & MTCINE

From Bandung with Love CCIE & MTCINE

Alhamdulillah saya bersama teman-teman santri dari Pesantren Networkers IDN berkesempatan mengikuti CCIE dan MTCINE BOOTCAMP IDN 2016.

Cerita bermula…
Pagi itu, kami berjalan kaki  menuju terminal bus Trans Jakarta yang berlokasi di Slipi, Jakarta Barat. Saya berangkat dengan membawa dua tas yang cukup memberatkan. Kami berjalan kaki di pematang jalan. Saya lupa jam berapa persisnya kami berangkat meninggalkan kontrakan dan tiba di terminal bus Trans Jakarta. Cukup menyita waktu juga ketika menunggu bus dengan trayek yang sesuai. Sudah silih berganti lebih dari 3 bus Trans Jakarta yang transit dan kemudian meninggalkan terminal tersebut, namun kami masih juga bertahan di terminal. Hingga akhirnya, entah bus ke berapa yang singgah disana, barulah kami kemudian berangkat.

Cukup lama juga saya berdiri dengan menyandang dan menggandeng tas didalam Trans Jakarta hingga kami tiba di terminal bus selanjutnya; saya lupa nama terminalnya, kami dua kali berganti bus Trans Jakarta hingga ke terminal terakhir. Dan lagi-lagi saya lupa nama terminal bus tersebut. Dari terminal tersebut, kami kembali menumpangi bus lain dengan tujuan Bandung. Lumayan menyenangkan juga perjalanannya, walaupun kami terkadang tertidur pulas di bus tersebut, haha. 
Setibanya di Kota yang di Pimpin oleh bapak Ridwan Kamil tersebut, kami disambut dengan hawa sejuknya. Kami istirahat sejenak sambil menikmati Mie Ayam Bakso di pinggir terminal Bus di Bandung. Begitu perut terisi, kami selanjutnya memesan Grab, dan menunggu di pinggir jalan.

Nyalain laptop dipinggir jalan itu bukan buat begayaan yaa, itu karena baterai hp yg kita gunakan buat memesan grab sudah low. Laptop sebagai sumber arus, hehe.

Selanjutnya kami berangkat ke vila dago menggunakan Grab. Di perjalanan, kami disuguhi pemandangan dan sejuknya paris van java dan melewati beberapa tempat yang terlihat “wah” di TV.

Kami tiba di vila dago tersebut sekitar jam 16.xx wib, dan saat itu bootcamp CCIE sudah di mulai. Saya sendiri mengikuti setiap penyampaian materi pada bootcamp CCIE. 
Saya juga sempet nih ngumpulin file dokumentasinya..
Ini juga nih.
Setelah penyampaian materi CCIE, peserta dibebaskan mau ngelab dimanapun. Ada yang ngelab di kamar, ada yang masih setia duduk dikursinya dan ngelab disana.. kayak gini…
Sambil gangguin temen sebelahnya, hehe.. gak lah yaa, itu lagi diskusi.. hehe
ada yang keluar ruangan buat ngelab sambil menikmati pemandangan hijau,
Biasanya pada duduk di sana tuh kalo giliran nge-lab.
Atau ada juga yang ngelab di teras kamar lantai 2 sambil menikmati pemandangan kota Bandung.
Saya sendiri, setelah mengikuti penyampaian materi berupa teori dari topik yang akan dilab untuk bootcamp CCIE, saya malah ngelabnya materi MTCINE. Hehe…
Eh, pinjam foto laptopnya ya, pan. Soale laptopku ora lengkap tombol keyboard e. hehe
Tepat tanggal 05/12/2016, walaupun bootcamp CCIE belum selesai, saya pindah ke vila sebelah (Dago Highland) buat mengikuti bootcamp MTCINE. Alhamdulillah teman-teman Pesantren IDN di izinkan mengikuti kedua bootcamp tersebut tanpa biaya.

Bootcamp MTCINE dibuka langsung oleh Pak Dedi Gunawan dan Pak Rofiq Fauzi.

Di Vila Dago Highland, suasananya tak kalah nyamannya buat ngelab. Masih sejuk juga. Kalau biasanya pas nge-lab, laptop saya kadang ogah-ogahan karena suhu tubuhnya meningkat kayak orang yang lagi demam karena mikirin Skripsi/TugasAkhir masa sampai segitunya sih om, skripsi itu dikerjain bukan dipikirin, kali ini laptop saya adem ayem aja di pake ngelab walaupun ngelab dengan waktu 15 jam-an per hari.

Seperti biasa, penyampaian materi dilakukan di ruangan. Dan setelah itu kita dilepas buat ngelab dimanapun, kan udah gede juga, dilepas aja, udah tau mana yg baik yg buruk, hehe, nggak gitu juga kali yaa.

Dan kami juga kedatangan tamu dari jauh, yakni dari Malaysia. Bapak Khomeini merupakan trainer terbaik peringkat 1 di Malaysia untuk saat ini. Karena yaa.., cuma beliau satu-satunya trainer mikrotik di Negeri Jiran sono.. Kita sempat ngobrol sama beliau, dan dari perbincangan tersebut beliau mengatakan bahwa prospek kerja sebagai network engineer dengan spesialisasi device mikrotik masih terbuka lebar. Makanya buruan ikut training di IDN. Oh iya, Pak Khomeini juga mengambil training dan sertifikasinya di IDN.

Gambar diatas diambil ketika sharing session bersama Pak Khomeini.

Selain Pak Khomeini, disana, kami bertemu dengan banyak orang-orang yang sudah kenyang pengalaman. Ada peserta yang dari ISP, kayak Moratelindo, Lintasarta, ada Dosen juga, dan lain-lain. Dan kita juga cerita-cerita untuk prospek kerja, pengalaman, dan yang paling keinget itu ternyata network engineer itu bisa bikin ketawa juga yaa, pada kocak pesertanya, ditambah lagi dengan kefasihan Pak Rofiq buat ngehidupin suasana, jadi ngelabnya juga enak. Slidenya presentasinya pun gak ngebosenin..
Berikut penampakan dari slide presentasi untuk bootcamp MTCINE.

Dan berikut beberapa dokumentasi dengan peserta MTCINE Bootcamp IDN 2016.

Berikut beberapa dokumentasi lainnya.

Akhirnya hari yang mendebarkan pun tiba. Dihari jumat, tanggal 9 kami mengikuti exam MTCINE. Sebelum exam, yaaa foto-foto dulu doong, hehe.

Dan Alhamdulillah, semua peserta yang mengikuti exam dinyatakan lulus.

Begitu selesai bootcamp MTCINE, selanjutnya kami pun kembali ke Vila Dago untuk bergabung dengan peserta Bootcamp CCIE. Karena kurang lengkap rasanya kalau tanpa foto bareng, walaupun sebenarnya kita sudah banyak foto-foto, dan tentu, di akhirnya kita foto-foto lagii.. haha.

Kedelapanan Pesantren IDN

Bersama the Youngest, Untung Wahyudi.

Bersama Pak Dedi Gunawan, Pak Rofiq Fauzi, Mas Farras Ferdana, dan Mas Chandra.
Kalau di ingat-ingat sebelum mengikuti pesantren IDN, tak pernah terpikirkan saya bisa mengikuti bootcamp tersebut. Tapi sekali lagi, alhamdulillah. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Berbicara soal target selanjutnya.., apa lagi coba..(?) semua juga pada tau targetnya network engineer itu apaan, hehe. Itu adalah nomor cantik yang bikin speechles.

From Bandung with CCIE & MTCINE

From Bandung with Love CCIE & MTCINE

Alhamdulillah saya bersama teman-teman santri dari Pesantren Networkers IDN berkesempatan mengikuti CCIE dan MTCINE BOOTCAMP IDN 2016.

Cerita bermula…
Pagi itu, kami berjalan kaki  menuju terminal bus Trans Jakarta yang berlokasi di Slipi, Jakarta Barat. Saya berangkat dengan membawa dua tas yang cukup memberatkan. Kami berjalan kaki di pematang jalan. Saya lupa jam berapa persisnya kami berangkat meninggalkan kontrakan dan tiba di terminal bus Trans Jakarta. Cukup menyita waktu juga ketika menunggu bus dengan trayek yang sesuai. Sudah silih berganti lebih dari 3 bus Trans Jakarta yang transit dan kemudian meninggalkan terminal tersebut, namun kami masih juga bertahan di terminal. Hingga akhirnya, entah bus ke berapa yang singgah disana, barulah kami kemudian berangkat.

Cukup lama juga saya berdiri dengan menyandang dan menggandeng tas didalam Trans Jakarta hingga kami tiba di terminal bus selanjutnya; saya lupa nama terminalnya, kami dua kali berganti bus Trans Jakarta hingga ke terminal terakhir. Dan lagi-lagi saya lupa nama terminal bus tersebut. Dari terminal tersebut, kami kembali menumpangi bus lain dengan tujuan Bandung. Lumayan menyenangkan juga perjalanannya, walaupun kami terkadang tertidur pulas di bus tersebut, haha. 
Setibanya di Kota yang di Pimpin oleh bapak Ridwan Kamil tersebut, kami disambut dengan hawa sejuknya. Kami istirahat sejenak sambil menikmati Mie Ayam Bakso di pinggir terminal Bus di Bandung. Begitu perut terisi, kami selanjutnya memesan Grab, dan menunggu di pinggir jalan.

Nyalain laptop dipinggir jalan itu bukan buat begayaan yaa, itu karena baterai hp yg kita gunakan buat memesan grab sudah low. Laptop sebagai sumber arus, hehe.

Selanjutnya kami berangkat ke vila dago menggunakan Grab. Di perjalanan, kami disuguhi pemandangan dan sejuknya paris van java dan melewati beberapa tempat yang terlihat “wah” di TV.

Kami tiba di vila dago tersebut sekitar jam 16.xx wib, dan saat itu bootcamp CCIE sudah di mulai. Saya sendiri mengikuti setiap penyampaian materi pada bootcamp CCIE. 
Saya juga sempet nih ngumpulin file dokumentasinya..
Ini juga nih.
Setelah penyampaian materi CCIE, peserta dibebaskan mau ngelab dimanapun. Ada yang ngelab di kamar, ada yang masih setia duduk dikursinya dan ngelab disana.. kayak gini…
Sambil gangguin temen sebelahnya, hehe.. gak lah yaa, itu lagi diskusi.. hehe
ada yang keluar ruangan buat ngelab sambil menikmati pemandangan hijau,
Biasanya pada duduk di sana tuh kalo giliran nge-lab.
Atau ada juga yang ngelab di teras kamar lantai 2 sambil menikmati pemandangan kota Bandung.
Saya sendiri, setelah mengikuti penyampaian materi berupa teori dari topik yang akan dilab untuk bootcamp CCIE, saya malah ngelabnya materi MTCINE. Hehe…
Eh, pinjam foto laptopnya ya, pan. Soale laptopku ora lengkap tombol keyboard e. hehe
Tepat tanggal 05/12/2016, walaupun bootcamp CCIE belum selesai, saya pindah ke vila sebelah (Dago Highland) buat mengikuti bootcamp MTCINE. Alhamdulillah teman-teman Pesantren IDN di izinkan mengikuti kedua bootcamp tersebut tanpa biaya.

Bootcamp MTCINE dibuka langsung oleh Pak Dedi Gunawan dan Pak Rofiq Fauzi.

Di Vila Dago Highland, suasananya tak kalah nyamannya buat ngelab. Masih sejuk juga. Kalau biasanya pas nge-lab, laptop saya kadang ogah-ogahan karena suhu tubuhnya meningkat kayak orang yang lagi demam karena mikirin Skripsi/TugasAkhir masa sampai segitunya sih om, skripsi itu dikerjain bukan dipikirin, kali ini laptop saya adem ayem aja di pake ngelab walaupun ngelab dengan waktu 15 jam-an per hari.

Seperti biasa, penyampaian materi dilakukan di ruangan. Dan setelah itu kita dilepas buat ngelab dimanapun, kan udah gede juga, dilepas aja, udah tau mana yg baik yg buruk, hehe, nggak gitu juga kali yaa.

Dan kami juga kedatangan tamu dari jauh, yakni dari Malaysia. Bapak Khomeini merupakan trainer terbaik peringkat 1 di Malaysia untuk saat ini. Karena yaa.., cuma beliau satu-satunya trainer mikrotik di Negeri Jiran sono.. Kita sempat ngobrol sama beliau, dan dari perbincangan tersebut beliau mengatakan bahwa prospek kerja sebagai network engineer dengan spesialisasi device mikrotik masih terbuka lebar. Makanya buruan ikut training di IDN. Oh iya, Pak Khomeini juga mengambil training dan sertifikasinya di IDN.

Gambar diatas diambil ketika sharing session bersama Pak Khomeini.

Selain Pak Khomeini, disana, kami bertemu dengan banyak orang-orang yang sudah kenyang pengalaman. Ada peserta yang dari ISP, kayak Moratelindo, Lintasarta, ada Dosen juga, dan lain-lain. Dan kita juga cerita-cerita untuk prospek kerja, pengalaman, dan yang paling keinget itu ternyata network engineer itu bisa bikin ketawa juga yaa, pada kocak pesertanya, ditambah lagi dengan kefasihan Pak Rofiq buat ngehidupin suasana, jadi ngelabnya juga enak. Slidenya presentasinya pun gak ngebosenin..
Berikut penampakan dari slide presentasi untuk bootcamp MTCINE.

Dan berikut beberapa dokumentasi dengan peserta MTCINE Bootcamp IDN 2016.

Berikut beberapa dokumentasi lainnya.

Akhirnya hari yang mendebarkan pun tiba. Dihari jumat, tanggal 9 kami mengikuti exam MTCINE. Sebelum exam, yaaa foto-foto dulu doong, hehe.

Dan Alhamdulillah, semua peserta yang mengikuti exam dinyatakan lulus.

Begitu selesai bootcamp MTCINE, selanjutnya kami pun kembali ke Vila Dago untuk bergabung dengan peserta Bootcamp CCIE. Karena kurang lengkap rasanya kalau tanpa foto bareng, walaupun sebenarnya kita sudah banyak foto-foto, dan tentu, di akhirnya kita foto-foto lagii.. haha.

Kedelapanan Pesantren IDN

Bersama the Youngest, Untung Wahyudi.

Bersama Pak Dedi Gunawan, Pak Rofiq Fauzi, Mas Farras Ferdana, dan Mas Chandra.
Kalau di ingat-ingat sebelum mengikuti pesantren IDN, tak pernah terpikirkan saya bisa mengikuti bootcamp tersebut. Tapi sekali lagi, alhamdulillah. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Berbicara soal target selanjutnya.., apa lagi coba..(?) semua juga pada tau targetnya network engineer itu apaan, hehe. Itu adalah nomor cantik yang bikin speechles.