Cara Memperbaiki GCC Not Found pada OpenSUSE Tumbleweed

Cara Memperbaiki GCC Not Found pada OpenSUSE Tumbleweed

gambar header cuma contoh yang aku ambil dari https://www.aldeid.com/wiki/VMware
lupa ambil screenshot soalnya hehe

STEP 1 – Install “some” Packages

beberapa packages yang harus di install yaitu

  • package untuk compiling (automake, autoconf, curl, dan kroni-kroninya)
  • gcc (pada tutorial ini, kebetulan pakai gcc versi 6.2.1, jadi nanti installnya yang versi sejenis ya, untuk melihat versi gcc yang akan di install bisa liat aja pas di pop-up “gcc not found” juga ditamplikan versi dari gcc yang akan dipakainya)
  • kernel vanilla

# zypper install kernel-vanilla kernel-vanilla-devel make automake autoconf curl gcc gcc-devel gcc6 gcc6-devel

STEP 2 – Reboot & Change Kernel

Setelah download selesai, reboot pc, dan pada saat bootmenu pilih 

  • Advanced options for openSUSE Tumbleweed

Cara Memperbaiki GCC Not Found pada OpenSUSE Tumbleweed

  • openSUSE Tumbleweed, with Linux 4.8.10-1-*vanilla *(pilih yang ada tulisan vanilla selain, dalam tutorial ini kernel versi 4.8, dan bukan pilih yan recovery-mode ya hehe)

Cara Memperbaiki GCC Not Found pada OpenSUSE Tumbleweed

STEP 3 – Compiling Time!

(root mode) *buka terminal, dan masuk ke direktori */usr/lib/vmware/modules/source/

*# *cd /usr/lib/vmware/modules/source/

extract file vmnet.tar *dan *vmmon.tar

[source] # tar -xf vmnet.tar

[source] # tar -xf vmmon.tar

masuk ke direktori vmnet-only

*[vmnet-only] # *cd vmnet-only/

make !

*[vmnet-only] # *make

setelah proses *make *selesai, masuk ke direktori vmmon-only

*[vmnet-only] # *cd ../vmmon-only/

make !!

[vmmon-only] # make

setelah proses *make *selesai, masuk ke direktori /usr/lib/vmware/modules/source/

STEP 4 – Ngopi Time!

[source]*# *cd ..

salin 2 file vmmon.o dan vmnet.o *ke direktori */*lib/modules/uname -r/kernel/drivers/misc/*

[source] # *cp vmmon.o /lib/modules/uname -r/kernel/drivers/misc/vmmon.ko *[source] # cp vmnet.o /lib/modules/uname -r/kernel/drivers/misc/vmnet.ko

STEP 5 – Finishing

generate modules

[source] # depmod -a

dan restart service vmware

[source]*#* systemctl restart vmware

STEP 6 – Seleseeee

nih screenshot dari vmware-workstation yang berjalan di openSUSE Tumbleweed

Cara Memperbaiki GCC Not Found pada OpenSUSE Tumbleweed


sumber

https://forums.opensuse.org/showthread.php/513311-VMware-Workstation-12-unable-to-find-GCC

Cara Memperbaiki GCC Not Found pada OpenSUSE Tumbleweed

gambar header cuma contoh yang aku ambil dari https://www.aldeid.com/wiki/VMware lupa ambil screenshot soalnya hehe STEP 1 – Install “some” Packages beberapa packages yang harus di install yaitu package untuk compiling (automake, autoconf, curl, dan kroni-kroninya) gcc (pada tutorial ini, kebetulan pakai gcc versi 6.2.1, jadi nanti installnya yang versi sejenis ya, untuk…

Cara Instal FGLRX pada OpenSUSE Leap 42.1

Cara Instal FGLRX pada OpenSUSE Leap 42.1

FGLRX atau FireGL and Radeon *adalah sebuah software atau lebih tepatnya driver *graphics **resmi dari AMD untuk sistem operasi berbasis linux.

Langsung saja kita instal itu driver pada OpenSUSE Leap 42.1.

STEP 1 – Adding Repository

# zypper ar -n FGLRX -cgf http://geeko.ioda.net/mirror/amd-fglrx/openSUSELeap42.1/ FGLRX

STEP 2 – Installing The RPM

# zypper in fglrx64xpicSUSE421

STEP 3 – Reboot

*# *reboot

STEP 4 – UDAHAAAAN

iyaa udah selesai, bye bye..

Cara Instal FGLRX pada OpenSUSE Leap 42.1

FGLRX atau FireGL and Radeon X adalah sebuah software atau lebih tepatnya driver graphics resmi dari AMD untuk sistem operasi berbasis linux. Langsung saja kita instal itu driver pada OpenSUSE Leap 42.1. STEP 1 – Adding Repository # zypper ar -n FGLRX -cgf http://geeko.ioda.net/mirror/amd-fglrx/openSUSE_Leap_42.1/ FGLRX   STEP 2 – Installing The RPM…