Category Archives: Network

Export Certificate SSL Mikrotik , Perhatikan TIPS berikut.

Setelah berhasil mengenerate Certificate SSL Mikrotik disini, dalam beberapa kasus kita ingin menggunakan certificate ini di device lain. sehingga kita harus export certificate ssl mikrotik. Seperti misalnya penggunaan VPN Client dan Server. Kemudian pada 802.1x peap certificate hanya ada di server, sementara pada TLS certificate di butuhkan oleh client dan server. Sebelumnya kita sudah mencoba… Read More »

RIP (Routing Information Protocol)

RIP adalah routing protocol distance vector yang paling sederhana. Distance artinya seberapa jauh jarak untuk mencapai suatu network (direpresentasikan sebagai hop count) dan vector artinya kemana arah yang harus dituju untuk mencapai suatu network. Sehingga dapat disimpulkan bahwa distance vector digunakan untuk mengetahui jarak dan arah ketika packet menuju suatu network. Jalur yang memiliki hop… Read More »

Introduction OSPF

Oke, pada kali ini kita akan mengenal teori OSPF, Untuk konfigurasi OSPF mungkin di google juga sudah banyak yang share, jadi pada kali ini lebih mengarah ke teori nya. Ospf atau open shortest path first , Merupakan routing protocol yang masuk ke jenis routing IGP (Interior Gateway Protocol) Yang memungkinkan pada setiap router yang berada… Read More »

Login HTTPS Mikrotik Bahas Tuntas Sampai ISI Packet

Di Tutorial mikrotik sebelumnya kita telah belajar membuat sendiri certificate ssl di mikrotik. Sekarang kita akan memanfaatkan Certificate tersebut untuk login https mikrotik. Belakangan memang HTTPS lebih disukai daripada http, karena alasan security. kita akan melihat perbedaan jika kita menggunakan HTTP  VS HTTPS sebagai login mikrotik. Baca Juga : Certificate SSL Mikrotik Fungsi dan Cara setting… Read More »

Persiapan Mengikuti Training Network Programming Automation di IDN

Halo sobat IDN. Kali ini saya mau kasih tahu beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti training Network Programming Automation di IDN. Sebelum membahas tentang apa saja yang perlu disiapkan. Saya mau kasih tau dulu tentang Training Network Programming Automation di IDN. Training ini akan mengajari Anda tentang bagaimana melakukan Network Automation menggunakan Python. Berikut… Read More »

Cyber Security

1. PendahuluanJaringan informasi elektronik telah menjadi bagian dari kehidupan. Semua jenis organisasi baik medis, keuangan, maupun pendidikan menggunakan jaringan ini untuk beroperasi secara efektif dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan berbagi informasi digital. Dengan semakin banyaknya informasi digital yang dikumpulkan dan dibagi, perlindungan informasi menjadi semakin penting bagi stabilitas keamanan dan ekonomi nasional. Identitas Online dan… Read More »

Certificate SSL Mikrotik Fungsi dan Cara setting

SSL  atau Secure Socket Layer, adalah cara untuk melindungi sesi komunikasi terenkripsi antara server dan client. SSL biasanya digunakan untuk Web, VPN (SSTP, OVPN, IPsec) , SSH , dan authentikasi Network Access Control (Dot1x). Ada banyak cara untuk mendapatkan Certificate SSL, kita bisa membelinya ke penyedia layanan hosting, ada juga Layanan SSL Public Gratis atau… Read More »

Juniper Logical System

Halo teman-teman semua, pada postingan kali ini saya akan bahas tentang Logical System di Junos OS. Apa sih Logical System itu? Simpelnya Logical System adalah sebuah router virtual yang berada di dalam sebuah router. Awalnya nama dari Logical System adalah Logical Router, tapi semenjak Junos OS versi 9.3 namanya berubah menjadi Logical System. Logical System… Read More »

Mengenal 7 lapisan osi layer

Assalamualaikum Wr.Wb Mungkin ada beberapa orang yang ketika akan memulai mempelajari network/jaringan masih bingung harus mulai dari mana dulu,harus ikut kelas apa dulu CCNA/CCNP atau mau ikut langsung kelas CCIE wahh mantabb kali hehehe…Nah hal yang pertama kali di pelajari di dalam ilmu jaringan komputer biasanya dimulai dari TCP/IP. Fungsi TCP/IP itu sendiri buat apa… Read More »

Membuat Custom Skin Tampilan Setting Mikrotik Part 2

Pada Tips & Trick sebelumnya kita sudah berhasil mengubah menu menu konfigurasi mikrotik. kali ini kita akan kembali membahas kelanjutannya di artikel Membuat Custom Skin Tampilan setting Mikrotik Part 2. Bagi kalian yang belum membaca part 1nya, silahkan dibaca dulu ya supaya mudah dalam memahaminya. Artikel Sebelumnya : Membuat Custom Skin Tampilan setting Mikrotik Part 1… Read More »