Mengenal Design Pattern MVP

By | April 7, 2020

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Design Pattern MVP pada Android, dimana kepanjangan MVP sendiri yaitu Model- View- Presenter.

MVP (Model- View- Presenter) merupakan sebuah pola untuk mendesign sebuah software, dimana konsep ini berasal dari konsep MVC(Model- View -Controller), dan digunakan untuk membangun User Interface. Dalam pola ini, “Presenter” memiliki tanggung jawab untuk Menerapkan semua logika presentasi dan data transformasi untuk mengirim informasi ke view. Bekerja sebagai abstraksi antara Lapisan UI dan lapisan Logika .

Masalah utama yang dipecahkan MVP adalah terkait Untuk Pengujian, untuk menghindari kopling dan menghindari duplikat kode. Penggunaan MVP meningkatkan kemampuan uji coba kode anda karena kita dapat menguji semua kode UI kami tanpa mengeksekusi kode kerangka, hanya dengan Unit Testing. Untuk melakukan ini, semua Logika dipindahkan ke Presenter, sehingga implementasi tampilan akan benar-benar ringan.

Salah satu poin penting yang terkait MVP adalah untuk membiarkan Presenter terbebas dari Android Dependencies dengan menghapus semua kode android dari Presenter maka kita akan bisa mengujinya dengan mudah.

Manfaat Design Pattern MVP :

– Meringankan kinerja activity/ fragment karena tidak adanya proses http request ke server atau mengambil data ke storage.

– Setiap layer memiliki tugasnya masing-masing sehingga lebih test-friendly.

– Mempermudah tugas yang kompleks dengan membagi-baginya menjadi bagian yang sederhana dan lebih mudah.

– Bagus untuk background task. Activity lain bisa akses background task yang sedang dijalankan melalui presenternya.

Mengapa MVP?

Selain untuk modernisasi dan kekinian Fungsi utama dari MVP adalah sebagai berikut:

– Beban kerja dari View lebih ringan karena tidak mengurusi http request atau http response.

– Membagi tugas ke setiap layer sehingga code menjadi TESTABLE.

– Membagi kode-kode yang banyak sekali menjadi bagian-bagian kecil dan sesederhana mungkin.

– Mempermudah code maintenance.

Nah untuk kalian yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai penggunaan Design Pattern MVP, Anda bisa mengikuti kelas training yang tertera di https://idn.id yang menyediakan banyak jenis training IT mulai dari Networking, Programming, dan Sysadmin.

Mungkin sekian dulu pembahasan kita mengenai Mengenal Design Pattern MVP, sampai jumpa di kesempatan berikutnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *