Belajar Membuat Validasi Sederhana dengan MVP di Android Studio

 Belajar Membuat Validasi Sederhana dengan MVP di Android Studio

belajar mvp

Pada kesempatan kali ini kita akan Belajar Membuat Validasi Sederhana dengan MVP. MVP pada dasarnya yaitu memisahkan antara logika aplikasi dengan tampilan dari aplikasi. Biasanya, logika coding dan tampilan kita jadikan satu pada kelas Activity kita. Dengan adanya arsitektur MVP ini, logika coding aplikasi akan kita pisahkan ke Presenter.

Dimana Presenter itu akan mengolah proses logika pada aplikasi, beserta mengolah data yang bisa saja didapatkan dari inputan user (view), web service (api), maupun dari database. Kemudian akan diproses dengan Presenter, dan akan dikembalikan ke Activity yang berfungsi sebagai View pada aplikasi untuk di tampilkan.

Mari kita mulai Belajar membuat MVP Login:

1. Buat project baru dengan nama MVPLogin, dengan Minimum SDK pilih API 21 yaitu Android 5.0 (Lollipop).
2. Pilih Empty Activity lalu klik Finish.
3. Lengkapi struktur project seperti berikut ini:

belajar membuat mvp

Dimana terdapat 3 package yaitu model, view, dan presenter (MVP).

4. Selanjutnya kita mulai dengan membuat package baru dengan nama model, lalu di dalam package model buat file IUser (interface) dan User (class) kondisikan kode seperti berikut!

Pada interface IUser :

Pada class User :

5. Buat package lagi dengan nama presenter, lalu dalam package presenter buat juga file ILoginPresenter (interface) dan LoginPresenter (class) kondisikan kode seperti berikut!

Pada interface ILoginPresenter :

Pada class LoginPresenter :

6. Lalu buat package lagi dengan nama view, dan di dalamnya buat file dengan nama ILoginView (interface)kondisikan kode seperti berikut!

Oh iya, jangan lupa untuk kondisikan activity_main.xml seperti berikut untuk tampilan Login

Terakhir buka MainActivity.java lalu kondisikan kode seperti berikut!

Sekarang coba jalankan aplikasi, hasilnya akan seperti berikut:

Jika Email yang ditulis valid maka akan seperti dibawah ini

Namun jika email yang ditulis tidak valid maka akan seperti dibawah ini

Nah untuk kalian yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai Validasi pada design pattern MVP, Anda bisa mengikuti kelas training yang tertera di https://idn.id yang menyediakan banyak jenis training IT mulai dari Networking, Programming, dan Sysadmin.

Mungkin sekian dulu pembahasan kita mengenai Belajar Membuat MVP Validasi Sederhana dengan MVP, sampai jumpa di kesempatan berikutnya. Semoga bermanfaat.

Related post