Membuat Custom Dialog pada Android Studio

 Membuat Custom Dialog pada Android Studio

Seperti janji saya di postingan Layouting /UI sebelumnya bahwa di postingan kali ini kita bakal ngebahas tentang MessageBox atau Custom Dialog pada Android Studio yang dimana itu adalah sebuah pesan interaksi kepada user tentang suatu action yang dilakukan oleh si user itu sendiri.

Kalau sobat Andi belum baca tentang Layouting / UI di Android Studio kalian bisa lihat postingan saya sebelumnya dengan klik link disini. dan jika ingin melihat dialog lainnya pada android silahkan membaca penjelasannya disini.

Ok, langsung saja kita eksekusi pembahasan kita kali ini yaitu membuat MessageBox.

Pada dasarnya terdapat 3 (tiga) Custom Dialog pada Android Studio yaitu :

1. Toast

Custom dialog ini adalah sebuah pesan feed back kepada pengguna tentang aktivitas tertentu yang sedang ingin di lakukan oleh pengguna di sebuah aplikasi android, contoh seperti pada aplikasi MyTelkomsel ketika user berada di laman beranda kemudian menekan tombol back / kembali maka akan muncul toast di bagian bawah layar.

Toast memberikan informasi kepada user bahwa jika ingin keluar dari aplikasi maka user harus menekan tombol back sekali lagi untuk keluar dari aplikasi, sebagai contoh silahkan lihat pada gambar berikut ini yang merupakan tampilan sederhana yang bakalan kita buat di pembahasan ini.

Custom Dialog Toast
Custom Dialog Toast

Lantas bagaimana membuat toast pada aplikasi android studio ? silahkan masukkan kode berikut di file activity xml kalian yang ada pada folder resc > layout > activity.xml yang kalian buat.

Tapi code yang di atas itu baru akan memunculkan tampilan saja dan tombol-tombol nya belum bisa berfungsi, untuk memberikan fungsi pada tombol toast nya silahkan masukkan code berikut ini di file MainActivity.kt, di sini saya menggunakan bahasa pemrograman kotlin ya sobat Andi.

Cara Menampilkan Custom Dialog Toast
Cara Menampilkan Custom Dialog Toast

Setelah masukin kode diatas maka Tombol toast baru akan berfungsi seperti yang di maksudkan pada penjelasan saya di atas.

2. Alert Dialog

Alert Dialog adalah sebuah pesan konfirmasi yang akan muncul pada UI ketika si user melakukan suatu tindakan tertentu pada sebuah aplikasi android, salah satu contoh adalah ketika kita ingin menghapus data pada sebuah laman activity di aplikasi.

Di sinilah fungsi si alert dialog untuk meyakinkan si user bahwa apakah dia benar-benar yakin ingin menghapus data. contoh ilustrasinya bisa kalian lihat di bawah ini.

Custom Alert Dialog
Custom Dialog Peringatan

Agar tombol alert dialog bisa berfungsi maka silahkan masukkan code berikut dibawah code fungsi untuk menjalankan tombol toast, silahkan lihat pada gambar berikut.

Cara Menampilkan Alert Custom Dialog
Cara Menampilkan Custom Dialog Alert

Setelah masukin kode diatas maka Tombol alert dialog baru akan berfungsi seperti pada contoh gambar ilustrasinya.

3. Snackbar

Snackbar ini sebenarnya hampir sama dengan toast akan tetapi yang membedakannya ada pada snackbar memiliki sebuah tombol aksi ketika dia muncul di laman activity, silahkan lihat pada gambar ilustrasinya berikut ini.

Custom Dialog Snackbar
Custom Dialog Snackbar

Agar tombol snackbar bisa berfungsi maka silahkan masukkan code berikut dibawah code fungsi yangmenjalankan tombol alert dialog, silahkan lihat pada gambar berikut.

Cara Menampilkan Custom Dialog Snackbar
Cara Menampilkan Custom Dialog Snackbar

Setelah masukin kode diatas maka Tombol snackbar baru akan berfungsi seperti pada contoh gambar ilustrasinya.

Mungkin itu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai Toast, Alert dialog dan Snackbar pada Android Studio.

Selamat mencoba…. 🙂

Untuk informasi mengenai konten lainnya silahkan mengunjungi blog.idn.id

Related post