Intent Activity, Memungkinkan Interaksi Antar Halaman

 Intent Activity, Memungkinkan Interaksi Antar Halaman

Intent adalah sebuah kelas dalam pemrograman Android yang berguna dalam perpindahan dari halaman satu ke halaman lainnya.

Intent juga merupakan sebuah objek di dalam sebuah activity yang memungkinkan suatu activity berinteraksi dengan activity yang lainnya, apakah itu dalam sebuah package maupun beda package yang penting masih dalam satu project di Android Studio.

Intent merupakan objek tipe android.content.Intent. Melalui metode startActivity(intent) yang digunakan untuk memulai sebuah activity lain.

Sebenarnya intent ini dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. Explicit Intent berfungsi untuk mengaktifkan komponen-komponen dalam satu aplikasi yang sama. Misalnya seperti : Berpindah Activity.
  2. Implicit Intent berfungsi untuk memanggil fungsi activity yang sudah ada di fungsi internal android seperti Dial Number, Open Browser dan lainnya.

Di postingan ini saya hanya akan membahas tentang Explicit Intent Sobat Andi, tapi jangan khawatir tentang Implicit Intent, karena akan tetap kita bahas di postingan berikutnya yaa. Kita fokus saja dulu untuk Explicit Intent di sini yaa.

Silahkan teman-teman kalian buat dulu project baru di android studio dengan nama Explicit Intent setelah membuat project maka akan terbuat sebuah file secara otomatis yaitu MainActivity.kt dan activity_main.xml,

tapi di sini kita butuh dua buah activity yaa sobat Andi jadi silahkan buat sebuah satu activity lagi dengan nama InputIntentActivity.kt maka secara otomatis akan terbuat juga sebuah file xml yang namanya akan menyesuaikan dengan activitynya, oh iya teman-teman di sini saya memakai bahasa pemrograman kotlin yaa.

Setelah kalian buat yang saya jelaskan di atas maka silangsungngang maki deh hahahaha….

Pertama… Silahkan desain sebuah layout di file activity_main.xml kalian dengan desain layout sebagai berikut, atau silahkan berkreasi dengan kreatifitas kalian yaaa, disini saya hanya memberikan contoh layouting nya sebagai patokan, Jika kalian belum tau apa itu layouting dan bagaimana cara membuatnya maka silahkan kalian belajar dulu di postingan saya sebelumnya dengan klik di sini.

Android Studio
Activity One

Ok, deh kalau kalian malas ngetik, aku udah sediain nih source code layouting diatas. kalian tinggal copy paste aja nih hehehehe.

Kedua… Silahkan desain juga layouting untuk form penginputannya yaaa ini untuk file xml activity kedua yaa, adapun ilustrasi dari saya adalah seperti ini, sekali lagi bahwa kalau kalian ingin berkreasi dengan desainnya kalian maka silahkan yaaa.

Android Studio
Activity Two

ini kodingannya yaa…

Ok, sekarang kita sudah membuat layouting nya tapi untuk membuat kedua layouting ini bisa saling berkomunikasi maka silahkan kalian ke MainActivity.kt dan masukkan kodingan logic berikut yaaa

yang terakhir silahkan kalian masukkan kode berikut ini pada file InputIntentActivity.kt

Setelah semua rangkaian di atas kalian buat maka silahkan Running Aplikasi kalian maka secara ajaib Project Explicit Intent yang telah kita buat sama-sama akan Success…..Hahahahaha 😂😎

Link untuk membuat Explicit Intent akan segera saya paste di sini yaa.

Untuk informasi mengenai konten lainnya silahkan mengunjungi blog.idn.id .

Terima kasih.

Related post